I'rab dan Pembagiannya
63
Definisi I'rab
I'rab dalam istilah Nahwu adalah perubahan akhir kata baik secara implisit (tersurat/lafdziy) maupun secara eksplisit (tersirat/taqdiriy) karena sebab tertentu. Sebab yang mempengaruhi perubahan akhir kata dalam berbagai literatur tata bahasa Arab disebut dengan 'amil. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat kita gunakan untuk mempermudah dalam memahami definisi i'rab menurut ulama Nahwu.
Contoh Perubahan secara implisit (tersurat/lafdziy)
No | Kata | 'Amil/Sebab | Bentuk Perubahan | Keterangan |
---|---|---|---|---|
1 | مسجدٌ | إلَى | إلَى مسجدٍ | Kata مسجد sebelum ditambah 'amil berupa إلى pada awalnya memiliki baris akhir dhommatain (مسجدٌ) dan kemudian berubah menjadi berbaris akhir kasratain (مسجدٍ) |
2 | اللهُ | إِنَّ | إنَّ اللهَ | Lafadz الله sebelum ditambah 'amil berupa إِنَّ pada awalnya memiliki baris akhir dhammah (اللهُ) dan kemudian berubah menjadi berbaris akhir fathah (اللهَ) |
3 | نَشْرَحُ | ألَمْ | ألَمْ نَشْرَحْ | Kata نشرح sebelum ditambah 'amil berupa ألَمْ pada awalnya memiliki baris akhir dhammah (نَشْرَحُ) dan kemudian berubah menjadi berbaris akhir sukun (نَشْرَحْ) |
Contoh Perubahan secara eksplisit (tersirat/taqdiriy)
No | Kata | 'Amil/Sebab | Bentuk Perubahan | Keterangan |
---|---|---|---|---|
1 | المُسْتَشْفَى | إلَى | إلَى الْمُسْتَشْفَى | kata المُسْتَشْفَى pada kedua contoh ini sejatinya mengalami perubahan karena ada 'amil yang mempengaruhinya, yaitu إلَى pada contoh pertama dan إِنَّ pada contoh kedua. Namun perubahan tersebut tidak tampak secara jelas atau hanya dikira-kirakan saja. Perubahan jenis seperti inilah yang disebut dengan perubahan secara tersirat (eksplisit/ taqdiry) |
2 | المُسْتَشْفَى | إِنَّ | إنَّ المُسْتَشْفَى |
Dari contoh diatas dapat kita pahami bahwa I'rab merupakan perubahan akhir kata baik secara lafdzy maupun taqdiry karena dipengaruhi oleh 'amil tertentu.إِعْرَابُهُمْ تَغْيِيْرُ آخِرِ الْكَلِمْ ¤ تَقْدِيراً أَوْ لَفْظًا لِعَامِلٍ عُلِمْ (العمريطي)
Pembagian I'rab
I'rab dibagi menjadi 4 (empat) sebagaimana yang telah dijelaskan oleh banyak ulama Nahwu, diantaranya seperti yang dijelaskan oleh Syaikh Syarafuddin Yahya bin Nuruddin bin Musa bin Ramadhan bin Umairah al-‘Imrithy dalam kitabnya al-'Imrithy sebagai berikut:
أَقْسَامُهُ أَرْبَعَةٌ فَالْتُعْتَبَرْ ¤ رَفْعٌ وَنَصْبٌ وَكَذَا جَزْمٌ وَجَرْ (العمريطي)
Dari nadzam diatas dapat kita ketahui bahwa i'rab dibagi menjadi 4 (empat), yaitu: I'rab Rafa', I'rab Nashob, I'rab Jazam, dan I'rab Jar (note: i'rab jar terkadang disebut juga dengan i'rab Khafadh oleh beberapa ulama lain). Masing-masing i'rab tersebut memiliki karakter khusus sehingga ada beberapa i'rab tertentu yang hanya bisa berada pada kata benda (kalimah isim) dan ada pula yang hanya bisa berada kata kerja (kalimah fi'il)
Adapun i'rab yang hanya bisa berada pada kalimah isim adalah i'rab Jar sedangkan i'rab yang hanya bisa berada pada kalimah fi'il adalah i'rab Jazam. Dengan demikian, kedua i'rab yang lain (i'rab Rafa' dan I'rab Nashob) bisa berada pada kalimah isim maupun fi'il. Untuk mempermudah pemahaman kita berikut disajikan tabel yang menjelaskan hal tersebut.
No | I'rab | Kalimah | |
---|---|---|---|
Isim | Fi'il | ||
1 | Rafa' | √ | √ |
2 | Nashob | √ | √ |
3 | Jazam | χ | √ |
4 | Jar | √ | χ |
Saya Juliana dari kelas MPI 1A
Isim mubtada yang telah berubah menjadi nashab disebut isim inna sedangkan khabarnya disebut khabar inna.Jadi huruf anna (أَنَّ) pada ayat ke-25 surat Al-Baqarah adalah huruf nashab, yaitu huruf yang memfathahkan mubtada atau fa'il yang tadinya isim marfu' sementara khabarnya tetap marfu'
وَبَشِّرِ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُؕ ڪُلَّمَا رُزِقُوۡا مِنۡهَا مِنۡ ثَمَرَةٍ رِّزۡقًا ۙ قَالُوۡا هٰذَا الَّذِىۡ رُزِقۡنَا مِنۡ قَبۡلُ وَاُتُوۡا بِهٖ مُتَشَابِهًا ؕ وَلَهُمۡ فِيۡهَآ اَزۡوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ ۙ وَّهُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ
ayat ke-25 surat Al-Baqarah, yaitu kata anna (أَنَّ) = sesungguhnya atau bahwa. ... Maha suci Engkau yaa Allah, dan segala puji bagi-Mu.11
Huruf Ila ( الى ) merupakan salah satu huruf jar. Huruf jar adalah huruf yang menjarkan isim. Huruf Ila ( الى ) ini merupakan salah satu huruf jar yang bisa masuk pada i…
Kata : اَوَّلِيْنَ
Amil/sebab : اِنَّ
Bentuk perubahan : اِنَّ الْاَوَّلِيْنَ
Kata اَوَّلِيْنَ mengalami perubahan Karena dipengaruhi amil اِنَّ
Bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu taqdiriy
1. ان الله(Inna Allaha):
Kata Allaha aslinya itu adalah Allahu dikarenakan terdapat Amil disebelumnya yakni (ان)maka berubahlah menjadi Allaha.karena Inna juga termasuk salah satu dari ahruf Nawasib.perubahan kalimat ini merupakan perubahan kalimat secara lafdziy
2. الى أموالكم(ilaa amwaalikum):
Kata amwaalikum aslinya itu adalah amwaalukum dikarenakan terdapat Amil disebelumnya yakni (الى) maka berubahlah menjadi amwaalukum, karena Inna juga termasuk salah satu dari ahruf jar.perubahan pada kalimat ini merupakan perubahan secara lafdziy
1. kata : جنة (jannatun)
Amil/sebab : الى
Bentuk perubahan : الى جنة
(illa jannatin)
Kata جنة ( jannatun) mengalami perubahan karena dipengaruhi amil الى
Bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu lafdziy
2. Kata : الناس (annasu)
Amil/sebab : ان (inna)
Bentuk perubahan : ان الناس
(inna annasa) Kata الناس (annasu) mengalami perubahan karena dipengaruhi amil ان (inna)
Bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu lafdziy
Surat Al-'Ashr Ayat 2 dan 3
1.Ayat 2 surat Al-‘Ashr:
إنّ الإنسان لفي خسر
Inna yang artinya : sesungguhnya.
Al-Insaana = insan (manusia)
La = sungguh
Fii = dalam
Khusrin = kerugian
Kalimat di atas dapat disimpulkan dengan membuang Inna, dan lam taukid (lam penguat), menjadi:
الإنسانُ في خسر - al-insaanu fii khusrin : manusia itu dalam kerugian
Mubtadanya al-insaanu dan khobarnya fii khusrin. Kalimat diatas kurang ada penekanannya, maka dimasukkanlah Inna dan La. bahwa dengan memasukkan Inna, maka mubtada al-insaanu berubah menjadi al-insaana.
2.ayat 3 Surat Al-'Ashr:
إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات – illa alladziina aamanu wa ‘amilu ash-shoolihaat
Illa = kecuali
Alladziina = orang-orang yang
Aamanuu = (orang-orang yang) beriman
Wa = dan
‘aamilu = orang-orang yang beramal
Ash-shoolihaat = yang sholeh
Jika kita membaca ayat Al-Quran ada kata Inna Illa maka ayat tersebut menekankan bahwa sesuatu i…
1.Amil=إِن
ّالدَّرْسَ=kata
Kata perubahan==إِنَّ الدَّرْسَ
mengalami perubahan karena dipengaruhi amil ان (inna).
Bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu lafdziy.
2.أَنَّ =Amil
مُحَمَّدًا=kata
ُ أَنَّ مُحَمَّدًا=kata perubahan
perubahan kalimat ini merupakan perubahan kalimat secara lafdziy.
karena (Inna) termasuk salah satu dari ahruf Nawasib.
1.kata: (ان الله)
Amil:(ان) inna
Perubahan:ان الله على كل شيء قدير
Kata Qodir mar'fu dengan dhommah dan kata allah mansub dengan fathah
Perubahan yang terjadi pada kalimat ini yaitu lafdziy
2.kata:( انهم)
Amil: (ان )anna
Perubahan:yang terjadi diakhir kalimat akibat pengaruh Amil yang terlihat jelas pada lafaznya atau hanya bisa diperkirakan ( taqdiri) saja
Nama:Ihwa Rismi
Semester/lokal:1/1Bmpi
Mata kuliah: b.arab
1.ان الله:Inna Allaha
Kata Allaha aslinya itu adalah Allahu dikarenakan terdapat Amil disebelumnya yakni (Inna) maka berubahlab menjadi Allaha karena Ina juga termasuk perubahan kalimat secara lafdziy.karena Ina termasuk salah satu dari ahruf nawasib.
الى أموالكم: Illa amwalakum itu adalah amwalakum dikarenakan terdapat amli disebelumnya yakni(الى ) maka berubahlah menjadi amwalakum karena Ila juga termasuk salah satu dari huruf jar perubahan pada kalimat ini merupakan perubahan secara lafdziy.الى ini merupakan salah satu huruf jar yang bisa masuk pada i. Isim Ina mubtada yang telah berubah menjadi nashab disebut isim Inna sedangkan khabarnya disebut Khobar Inna.
1. Kalimat والى الرض (wa ilal ardhi) pada penggalan surah Al-Ghasyiyah ayat 20 termasuk dalam i'rab lafdzy, karena terdapat amil (الى ) yang merubah kata الرض (ardhun) menjadi الض (ardhi).
2. Kalimat ان كتب (inna kitaaba) pada penggalan surah al muthaffifin ayat 18 termasuk dalam i'rab lafdzy, karena terdapat amil ان yang menyebabkan perubahan kata kitaabun menjadi kitaaba.
3. Kalimat ان الله (annallaha) pada penggalan surah al Baqarah ayat 72 termasuk i'rab lafdzy, karena terdapat amil ان yang menyebabkan perubahan pada الله (allahu) menjadi الله (allaha)
4. Kalimat الى ميسرة (ila maisarotin) termasuk i'rab lafdzy, karena terdapat amil الى yang menyebabkan perubahan baris pada kata ميسرة (maisarotu) menjadi ميسرة (maisarotin)
Dalam QS.al-isra' juz 15 ayat 27
Kata : مُبَذِّرِيۡن
Amil/sebab : اِنَّ
Bentuk perubahan : اِنَّ الۡمُبَذِّرِيۡنَ
Kata مُبَذِّرِيۡن (mubazzirin) mengalami perubahan karena di pengaruhi amil اِنَّ(Inna)
Bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu taqdiriy
Dalam QS.al-kahfi ayat 19
Kata : مَدِيْنَةِ
Amil/sebab : اِلَى
Bentuk perubahan : اِلَى الْمَدِيْنَةِ
Kata مَدِيْنَة (madinati) mengalami perubahan karena di pengaruhi amil اِلَى (ila)
Bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu lafdziy
Nama: Rindiyani
Semester/lokal:1/1Bmpi
Mata kuliah: b.arab
1.ان الله:Inna Allaha
Kata Allaha aslinya itu adalah Allahu dikarenakan terdapat Amil disebelumnya yakni (Inna) maka berubahlab menjadi Allaha karena Ina juga termasuk perubahan kalimat secara lafdziy.karena Ina termasuk salah satu dari ahruf nawasib.
الى أموالكم: Illa amwalakum itu adalah amwalakum dikarenakan terdapat amli disebelumnya yakni(الى ) maka berubahlah menjadi amwalakum karena Ila juga termasuk salah satu dari huruf jar perubahan pada kalimat ini merupakan perubahan secara lafdziy.الى ini merupakan salah satu huruf jar yang bisa masuk pada i. Isim Ina mubtada yang telah berubah menjadi nashab disebut isim Inna sedangkan khabarnya disebut Khobar Inna.
Kata: َّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللّٰهِ
Sebab:إِنَّ
(sesungguhnya)
Bentuk perubahan :إِنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللّٰهِ
Kata مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللّٰه mengalami perubahan karna di sebabkan oleh إِنَّ
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut termasuk taqdiriy
Nama:JURIATI SYAFUTRI
Semester/lokal:1/1Bmpi
Mata kuliah: b.arab
1.ان الله:Inna Allaha
Kata Allaha aslinya itu adalah Allahu dikarenakan terdapat Amil disebelumnya yakni (Inna) maka berubahlab menjadi Allaha karena Ina juga termasuk perubahan kalimat secara lafdziy.karena Ina termasuk salah satu dari ahruf nawasib.
الى أموالكم: Illa amwalakum itu adalah amwalakum dikarenakan terdapat amli disebelumnya yakni(الى ) maka berubahlah menjadi amwalakum karena Ila juga termasuk salah satu dari huruf jar perubahan pada kalimat ini merupakan perubahan secara lafdziy.الى ini merupakan salah satu huruf jar yang bisa masuk pada i. Isim Ina mubtada yang telah berubah menjadi nashab disebut isim Inna sedangkan khabarnya disebut Khobar Inna.
Isim inna (إِنَّ) adalah setiap mubtada’ yang dimasuki inna dan kawan-kawannya serta irabnya berubah menjadi manshub. Adapun khabar inna adalah setiap khabar dari mubtada’ yang dimasuki amil inna dan kawan-kawannya. Contoh:
إِنَّ الْكِتَابَ جَدِيْدٌ
Asalnya:
الْكِتَابُ جَدِيْدٌ
Pada contoh di atas kata (الْكِتَابَ) dibaca nashab dengan ditandai fathah diujungnya. Kedudukannya sebagai isim inna. Apabila tidak dimasuki inna maka irabnya rafa’ dan berkedudukan sebagai mubtada’. Adapun kata (جَدِيْدٌ) berkedudukan sebagai khabar inna dan berirab rafa’. Perubahan pada kalimat ini merupakan perubahan lafdziy.
dari kelas MPI 1 A ingin menjawab pertanyaan dari bapak contoh I 'Rab 1.terdapat pada surah Al Baqarah ayat 115
ان الله واسع علي
Baris akhir kata sebelum di beri ان kasroh menjadi fathah
ان الله - ان الله
Ini termasuk I' Rab taqdiry Amil yg mempengaruhi kata kasroh berubah menjadi fathah
2.surah Al - maidah ayat 105
وتقو الله وكلموا ان الله بكل شي ءليم
Baris akhir kata sebelum di beri ان dommah menjadi fathah
ان الله - ان الله ini termasuk
I ' Rab taqdiryy
Amil yg mempengaruhi perubahan kata dommah menjadi fathah.
3.surah Al maidah ayat 105
الي الله مر جعكمر جميل فينبءكم
بما كنتم تعكلون
Baris akhir kata sebelum di beri الي
Dommah menjadi kasroh
الي الله - الي الله ini termasuk I ' Rab lafzi Amil yg mempengaruhi perubahan kata
Dommah berupa menjadi kasroh.
Saya Sukma Nabilla dari PRODI MPI 1A ingin mengerjakan tugas yang diberikan bapak
Amil :الى
Bentuk perubahan : الى المسجدِ (ila masjiddi)
Kata المسجدِ aslinya adalah مَسْجِدٌ dikarenakan terdapat perubahan amil disebelumnya yakni (الى ) maka berubahlah menjadi المسجدِ , karena ila juga termasuk salah satu dari ahruf jar, bentuk perubahan dari kata tersebut yaitu lafdziy
Ingin mengerjakan tugas yang diberikan bapak
Kata: (الْبَابُ مَفْتُوْحٌ)
Amil/sebab: إِنَّ
Bentuk perubahan: إِنَّ الْبَابَ مَفْتُوْحٌ
Kata الْبَابُ (bertanda dhomah) mengalami perubahan الْبَابَ
(bertanda fathah) Karena di dipengaruhi Amil إِنَّ
Bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu lafdziy/tersurat.
1. اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلَوٰةِ
Dimana asal kata nya الصّلَوٰةُ berubah menjadi الصّلَوٰةِ, karena Amil/sebabnya adalah kata اِلَى sehingga menjadi kata اِلَى الصّلوٰةِ, kata tersebut merupakan contoh dari perubahan secara lafdziy/tersurat.
2. فَإِنَّ حِزْبَ
Dimana asal kata nya حِزْبُ menjadi kata حِزْبَ dikarenakan amil/sebab dari kata اِنَّ, sehingga menjadi kata اِنَّ حِزْبَ, kata tersebut merupakan contoh dari perubahan lafdzy/tersurat.
3. اَنَّ النَّفْسَ
Dimana asal kata nya النَّفْسُ menjadi kata النَّفْسَ, di karenakan Amil/sebabnya dari kata اَنَّ, sehingga menjadi kata اَنَّ النَّفْسَ, kata tersebut merupakan contoh dari perubahan lafdzy/tersurat.
Sekian terimakasih.
1. إن فتحنا لك فتحا مبيناً
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi ina ( إن )adalah fathah ( ً )
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara taqdiry
Aamil Yang mempengaruhinya adalah ina ( إن )
2. أن لهم جنات تجري من تحتها الأنهار
Baris akhir dari kata tersebut setelah di beri Ana ( أن ) adalah fathah ( ً )
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara taqdiry
Aamil Yang mempengaruhinya adalah Ana ( أن )
3. و إلى الله ترجع الأمور
Baris akhir dari kata tersebut setelah di beri ila(إلى) adalah maksur ( ِ )
Perubahan yg terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi
Aamil yg mempengaruhinya adalah ila (إلى)
Ingin mengerjakan tugas dari bapak.
1.المصد قين (mussaddiqina ) pada surah 'abasa ayat 24 terdapat sebelumnya Amil ( ان) bentuk huruf nya ( أن المصد قين ) hurufnya bacaan jelas termasuk i'rab lafdzi.
2.طع مه ( ta'amih ) terdapat pada surah Al Hadid ayat 18 Ami/ sebab : (ال) karena ila juga termasuk dari huruf harfunjar lalu berubah menjadi sebuah kalimat I'rab lafdzi.
3.يؤ فكؤ ن ( yu'fakun ) terdapat pada surah Al munafikin ayat 4, karena terdapat Amil yang mempengaruhi yaitu dengan (ان ) namun perubahan kata tersebut tampak secara jelas termasuk dalam i'rab lafdzi.
Nama : mustami Yusri
Lokal : mpi 1 b
1.ان الله
Asal kata nya adalah (Allahu)
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi Anna adalah fathah (allaha)
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut secara lafdzi
Amil yang mempengaruhi nya adalah Anna
2.ان اافلك تشبه
Asal katanya adalah (fulku)
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi Inna adalah fathah (fulka)
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi
Amil yang mempengaruhi nya adalah Inna
3.الى السماء
Asal katanya adalah (assamaau)
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi ila adalah maksud( assamaai)
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi
Amil yang mempengaruhi nya adalah ila
1.ان الانسان
Asal katanya adalah (al insanu)
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi inna adalah fathah(al insana).
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi.
Amil yang mempengaruhi nya adalah inna
2.بان ربك
Asal katanya adalah (robbuka)
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi anna adalah fathah(robbaka)
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi.
Amil yang mempengaruhi nya adalah anna
3.الى ربك
Asal katanya adalah robbuka
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi ila adalah maksur(robbika)
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi.
Amil yang mempengaruhi nya adalah ila
Nama : Fitra Setiawan
Prodi. : Manajemen pendidikan Islam 1B
إِنَّ الدَّرْسَ سَهْل. 1.= Nasakhnya Inna/إنّ adalah dengan merubah mubtada’ yang semula marfu’ menjadi manshub, namun tetap mempertahankan khabar pada keadaan semula, sehingga berkebalikan dengan nasakhnya Kaana/كان dan saudari-saudarinya
Dengan adanya Nasakhnya /إنّ adalah maka jumlah ismiyyah yang semula berupa mubtada & khobar yang keduanya marfu' berubah menjadi :
isim إنّ (atau saudari-saudarinya) yang manshub, dan khobar إنّ dan saudari-saudarinya
Pola awal
= Mubtad (marfu') +Khobar (marfu')
Misalnya ; زَيْدٌ ذَكِيٌّ
Perubahan nya
Terjadi pada lafdzi. Amil yang mempengaruhi nya adalah inna.
2. أَظُنُّ أَنَّ زَيْدًا مَرِيْضٌ adalah
dengan merubah mubtada’ yang semula marfu’ menjadi manshub, namun tetap mempertahankan khabar pada keadaan semula, perubahan nya terjadi pada lafdzi dan Amil mempengaruhi nya adalah anna.
3. اِلَى اَيْنَ تَذْهَبِيْنَ adal…
Nama: Dwi okta saputra
Kelas: mpi 1B
1 الى الجبال
Asal kata nya adalah (aljibalu)
Baris akhiri dari kata tersebut setelah di beri ila adalah maksur (aljibalo)
Prubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi
Amil yang mempengaruhinya adalah ila
2. ان الابرار
Asal kata nya adalah (albrooru)
Baris akhir dari kata tersebut setelah di beri inna adalah fathah (albrooro)
Prubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi
Amil yang mempengaruhi nya adalah inna
3. ان المسجد
Asal kata nya adalah (almasajidu)
Baris akhir dari kata tersebut setelah di beri anna adalah fathah (almasajida)
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi
Amil yang mempengaruhi nya adalah anna.
Nama Muhammad izham
Moi 1 b
1.ان الله
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi Anna adalah fathah
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut secara lafdzi
Amil yang mempengaruhi nya adalah Anna
2.ان اافلك تشبه
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi Inna adalah fathah
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi
Amil yang mempengaruhi nya adalah Inna
3.الى السماء
Baris akhir dari kata tersebut setelah diberi ila adalah maksur
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah secara lafdzi
Amil yang mempengaruhi nya adalah ila
إِنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللّٰهِ
Sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah
Kata مُحَمَّدًا adalah isim inna karena didahului inna dan nashab/manshub dengan tanda fathah. Bentuk asal dari isim inna diatas sebelum didahului inna adalah mubtada’ marfu’ dengan tanda dhammah (مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللّٰهِ ). Isim inna membuat mubtada’ menjadi manshub. Adapun إِنَّ digunakan untuk penegasan bermakna “sesungguhnya”.
Nama saya Syarif Fadillah Ilmi dari kelas MPI 1B
1. Kata: سعيكم لشتى
Amil/sebab: ان (Sesungguhnya)
Bentuk perubahan: ان سعيكم لشتى
Baris akhir kata سعيكم sebelum di beri ان adalah fathah lalu menjadi sukun.Perubahan yang terjadi ialah lafdziy
2. Kata: الماءقسمة
Amil: ان (Anna)
Bentuk perubahan: ان الماءقسمة
Baris akhir kata sebelum diberi ان(Anna) adalah
dommah lalu menjadi dommahtain.Perubahan
yang terjadi ialah lafdziy
3. Kata: بسلطن
Amil: الى
Bentuk Perubahan: ال بسلطن
Baris akhir kata sebelum diberi ال adalah dommah
lalu menjadi kasrah.Perubahan yang terjadi ialah
lafdziy
1. الى المكة(ilaa almakkati)almakkati aslinya itu adalah almakkatu,dikarenakan sebelumnya ada Amil yakni (الى)maka almakkatu menjadi almakkati.perubahan kalimat ini termasuk kalimat lafdziy
2.ان الابرار(innal abroro)Al abroro itu aslinya Al abroro, dikarenakan sebelumnya terdapat Amil yakni (ان)maka menjadi Al abroro.perubahan kalimat ini termasuk prubahan kalimat lafdziy
Nama saya Windia Deviana
Dari prodi MPI 1A
إن الشيطان Dimana asal kata nya (Assyaithonu) berubah menjadi (Assyaithona), karena Amil/sebabnya adalah kata (Inna) sehingga menjadi kata (Inna assyaithona) kata tersebut merupakan contoh dari perubahan secara lafdziy/tersurat.
الى الجنة Dimana asal kata nya(Aljanntu) menjadi kata(Aljannati) dikarenakan amil/sebab dari kata (Ila)sehingga menjadi kata (Ilal jannati), kata tersebut merupakan contoh dari perubahan lafdzy/tersurat.
Nama saya Siti Hafiza dari kelas MPI 1B
Inna wa akhwatuha (Inna dan saudara-saudaranya) ialah sekelompok huruf (kata depan) yang biasanya berada sebelum isim. Jika sebuah jumlah ismiyah (kalimat yang tersusun dari mubtada’ dan khabar) didahului oleh Inna atau saudara-saudaranya, maka akan mengakibatkan mubtada’ menjadi manshub dan dinamakan isim Inna, dan khabar tetap marfu dan dinamakan khabar Inna. Seperti:
Kalimat pertama
§ ٌاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيْم
Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui
Lafad اللَّهُ menjadi Mubtada' [dibaca rofa'], sedangkan lafad سَمِيعٌ menjadi khobarnya [dibaca rofa']
Kalimat kedua kemasukan إِنَّ
§ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيْم
bahwasannya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui
Lafad اللَّهَ berubah menjadi isim إِنَّ dan dibaca Nashob dengan fathah, sedangkan Kata سَمِيعٌ tetap dibaca rofa' dengan tanda dhommah karena sebagai khabar Inna.
Inna
إِنَّ هَذَا أَمَلُنَا فِيكَ
هَذَا merupakan isim inna dalam bentuk isim isyarah mabni dengan tanda sukun pada posisi nashob (fii mahalli nashbin). Bentuk asal dari isim inna diatas sebelum didahului inna adalah هَذَا أَمَلُنَا فِيكَ . Ia tidak mengalami perubahan karena mabni
2.anna
أَظُنُّ أَنَّ زَيْدًا مَرِيْضٌ
1. أَنَّ (anna) tidak dipakai atau tidak terletak di awal kalimat
apabila posisinya terletak di awal kalimat, yang dipakai ialah إِنَّ (inna).
Berdasarkan kaidah poin kesatu , maka أَنَّ dipakai setelah fi'il
3.ala
Bentuk perubahan : الى المسجدِ (ila masjiddi)
Kata المسجدِ aslinya adalah مَسْجِدٌ dikarenakan terdapat perubahan amil disebelumnya yakni (الى ) maka berubahlah menjadi المسجدِ , karena ila juga termasuk salah satu dari ahruf jar, bentuk perubahan dari kata tersebut yaitu lafdziy
Perkenalkan nama saya Sophia Adilla
Prodi : Manajemen Pendidikan Islam 1A
Akan menjawab tugas yang bapak berikan
Kata Amil/sebab : I Bentuk مدينة perubahan: jal JI Kata äjss (madinati) mengalami perubahan karena di pengaruhi amil DJ (ila) Bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu lafdziy .
Kata Amil/sebab :3! Bentuk مترین perubahan : all 3! Kata is (mubazzirin) mengalami perubahan karena di pengaruhi amil (Inna) Bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu taqdiriy.
[2/11 21.28] Ismail: Kata اَجْرِيَ sebelum ditambah 'amil berupa اِنَّ pada awalnya memiliki baris akhir dhommatain اَجْرِي (ajriyu) dan kemudian FC berubah menjadi berbaris akhir kasratain اَجْري ( ajriyi )
1. Dalam surah Al-Baqarah ayat 277
Kata: صلحت
Amil: الى (ila)
Bentuk perubahan: الى الصلت
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut termasuk Taqdiriy.
2. Dalam surah Al-Kautsar ayat 3
Kata: شانئك
Amil: ان (inna)
Bentuk perubahan:ان شانئك
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut termasuk Taqdiriy
3. Dalam surah Al-Kahfi ayat 9
Kata: اصحب
Amil: ان (anna)
Bentuk perubahan: ان اصحب
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut termasuk Taqdiriy
Saya ridha yumna
Dari prodi mpi 1b
1. Inna
إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَسْتَحْىِ(القرة ٢٦)
Dia terletak di awal kalimat karna dia harf yang mendahului isim. Dan berharokat fathah karna dia mabni.
Kata yang setelah inna harus fathah .. karna ia mansub bil fathah dan juga harfun taukid. Dan ia termasuk lafdzi
Kata yang setelah inna itu harus fathah karna ia ismu nya inna
2.anna
أَنَّ (anna) digunakan setelah fi'il, yaitu fi'il selain قَالَ - يَقُولُ (qaala-yaquulu أَظُنُّ أَنَّ الْمُدَرِّسَ مَرِيْضٌ (azhunnu anna al-mudarrisa mariidhun).
Artinya : Saya mengira bahwasanya guru itu sakit.
Perubahn pada kalimat ini merupakan lafdziy
baris akhir kata sebelum ada (Anna) di baca lahum jannatun
الدَّرْسَ
-.perubahan kata
-.amil : (Anna ) kata penguatan yang digunakan di tengah kalimat (Anna ) baris fathah asli kalimat (jannatin ) adalah jannatun setelah bertemu Amil menjadi jannatin akhirnya kasroh جنت( كثره تين) :
2-baris akhir kata :ان المجرمين yaitu kasroh
المجرمين fathah
-perubahan kata
- Amil: sebenarnya terjadi perubahan pada kalimat (mujrimuuna) setelah bertemu Amil (Inna) akan tetapi perubahan tersebut tidak jelas atau hanya di kira2 Kirakan saja dan perubahan ini lah di sebut taqdiri
3-.contoh: إلى المطبخ
-.baris akhir kata sebelum ada (Illa) : (faslun).
-Perubahan kata
-.amil: (illa) kata (faslun) sebelum ditambah Amil berupa illa dan awalnya memiliki baris akhir kata (dhomatain) dan kemudian b
saya surini dari prodi mpi 1b
1.Inna
إِنَّ مُحَمَّـدًا
Kata muhammad, perubahannya yaitu إِنَّ مُحَمَّـدًا, barisnya berubah yaitu dhamah menjadi ahfat, karena perubahan kalimat ini merupakan kalimat dari lafdziy, karena inna termasuk salah satu dari kalimat hamil.
2.Ila (لى )
اَحْمَدَ
Kata perubahannya yaitu Ila Ahmad, kata ahmad barisnya berubah sama seperti yang pertama yaitu dhamah menjadi ahfat, karena perubahannya kalimat ini dipengaruhi adanya kalimat amil(inna), perubahan bentuknya yang terjadi pada kalimat tersebut adalah lafziy.
Saya Echy sardiah khurmadani dari kelas MPI 1b
1 & 2 a. Kata yg di masukkan (إن)
إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ
b. Kata yang d masukkan (أن)
أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله
c. Kata yang dimasukkan (إلى)
إِلَىٰ أَجَلٍ مُّسَمًّى
3. a. Lafdzi
b. Lafdzi
c. Lafdzi
4. a. Dari dhomah ke fathah
b. Dari dhomah ke fathattain
c. Dari dhomah ke dlhomahtain
A. Sebelum ada kata إِنَّ harokat اللَّهَ masih dhommah
B. Sebelum ada kata أَنَّ harokat مُحَمَّدًا masih dhommah
C. Sebelum ada kata إِلَىٰ harokat أَجَلٍ masih dhommah
Nama saya muhammad redzky MPI 1A
إنالله Dimana asal kata nya (Allahu) berubah menjadi (allahi), karena Amil/sebabnya adalah kata (Inna) sehingga menjadi kata (Innallahi) kata tersebut merupakan contoh dari perubahan secara lafdziy.
الى المسجد Dimana asal kata nya(Almasjidu) menjadi kata(Almasjidi) dikarenakan amil/sebab dari kata (Ila)sehingga menjadi kata (Ilal masjidi), kata tersebut merupakan contoh dari perubahan lafdzy.
Nama saya muhammad redzky MPI 1A
إنالله Dimana asal kata nya (Allahu) berubah menjadi (allahi), karena Amil/sebabnya adalah kata (Inna) sehingga menjadi kata (Innallahi) kata tersebut merupakan contoh dari perubahan secara lafdziy.
الى المسجد Dimana asal kata nya(Almasjidu) menjadi kata(Almasjidi) dikarenakan amil/sebab dari kata (Ila)sehingga menjadi kata (Ilal masjidi), kata tersebut merupakan contoh dari perubahan lafdzy.
1.ان لهم جنت
-.baris akhir kata sebelum ada (Anna) di baca lahum jannatun
لهم جنت
-.perubahan kata :tersurat atau lafdziy
-.amil : (Anna ) kata penguatan yang digunakan di tengah kalimat (Anna ) baris fathah asli kalimat (jannatin ) adalah jannatun setelah bertemu Amil menjadi jannatin akhirnya kasroh جنت( كثره تين) :
2-baris akhir kata :ان المجرمين yaitu kasroh
المجرمين fathah
-perubahan kata taqdiri
- Amil: sebenarnya terjadi perubahan pada kalimat (mujrimuuna) setelah bertemu Amil (Inna) akan tetapi perubahan tersebut tidak jelas atau hanya di kira2 Kirakan saja dan perubahan ini lah di sebut taqdiri
3-.contoh: الى الفصل
-.baris akhir kata sebelum ada (Illa) : (faslun).
-Perubahan kata : lafdziy
-.amil: (illa) kata (faslun) sebelum ditambah Amil berupa illa dan awalnya memiliki baris akhir kata (dhomatain) dan kemudian berubah menjadi ber…
1. Innal muttaqina
Muttaqina jika tidak diberi Amil maka bacaan pada akhir kalimat menjadi Muttaqinu dan jika diberi Amil maka bacaan pada akhir kalimat menjadi muttaqina dan perubahan ini termasuk lafdzi.
2. Ilal jibaalin
Jibaalin jika tidak diberi Amil maka bacaan pada akhir kalimat menjadi jibalun dan jika diberi hamil maka bacaan pada akhir kalimat menjadi jibaali dan perubahan ini termasuk lafdzi.
1. QS Ali Imran ayat 9
Kata: ا ن الله
Amil: ا ن
Bentuk perubahan: ا ن الله لآ يخلفا لميعاد
Baris akhir kata tersebut setelah diberi Inna adalah fathah . perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdzi
2. QS Al Baqarah ayat 25
Kata : ا ن لحم
Amil: أن
Bentuk perubahan : ان لحم جنت تجري من تحتها
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdzi
3. QS Al Ma 'idah
Kata : إلى الصلو ة
Amil: الى
Bentuk perubahan: إلى ا الصلو ة فا فيلو ا و جو حكم
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdzi
1. QS Ali Imran ayat 9
Kata: ا ن الله
Amil: ا ن
Bentuk perubahan: ا ن الله لآ يخلفا لميعاد
Baris akhir kata tersebut setelah diberi Inna adalah fathah . perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdzi
2. QS Al Baqarah ayat 25
Kata : ا ن لحم
Amil: أن
Bentuk perubahan : ان لحم جنت تجري من تحتها
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdzi
3. QS Al Ma 'idah
Kata : إلى الصلو ة
Amil: الى
Bentuk perubahan: إلى ا الصلو ة فا فيلو ا و جو حكم
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdzi
1. QS Ali Imran ayat 9
Kata: ا ن الله
Amil: ا ن
Bentuk perubahan: ا ن الله لآ يخلفا لميعاد
Baris akhir kata tersebut setelah diberi Inna adalah fathah . perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdzi
2. QS Al Baqarah ayat 25
Kata : ا ن لحم
Amil: أن
Bentuk perubahan : ان لحم جنت تجري من تحتها
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdzi
3. QS Al Ma 'idah
Kata : إلى الصلو ة
Amil: الى
Bentuk perubahan: إلى ا الصلو ة فا فيلو ا و جو حكم
Perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdzi
Saya fitriya dari kelas mpi 1A
1.و ان الله
-asal katanya adalah ( Allahhu)
Baris akhir dari kata tersebut setelah di tambahkan Anna adalah fathah yaitu ( Allahha ) menjadi و ان الله
-perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah lafdziy.
(Wainallahu) domah menjadi kasroh
-amil yang mempengaruhinya adalah (Anna)
2.ان الناس
-asal katanya adalah (Annasu)
Baris akhir dari kata tersebut setelah ditambahkan Inna adalah fathah yaitu (innasa) menjadi ان الن س
-perubahan yang terjadi pada kata tersebut adalah taqdiri
-amil yang mempengaruhinya adalah (inna)
3.الى الخجرة
-Baris akhir kata sebelum ada (illa):خجرة
-perubahan kata :lafdziy
-amil:-.amil: (illa) kata (hujrotun) sebelum ditambah Amil berupa illa dan awalnya memiliki baris akhir kata (dhomatain) dan kemudian berubah menjadi berbaris akhir kasroh .
Sekian terimakasih
Wassalamu'alaikum
Nama saya:Nurti laillatul awaliyah
Kelas:MPI 1A
1.Kata (الْكِتَابَ) i’rabnya nashab, tandanya fathah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya sebagai maf’ul.
Kata (عِوَجًا) i’rabnya nashab, tandanya fathah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya sebagai maf’ul.
Kata (قَيِّمًا) i’rabnya nashab, tandanya fathah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya sebagai hal.
Kata (لِيُنْذِرَ) i’rabnya nashab, tandanya fathah, bentuknya fi’il mudhari dan didahului amil nashib.
Kata (بَأْسًا) i’rabnya nashab, tandanya fathah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya sebagai maf’ul.
Kata (شَدِيدًا) i’rabnya nashab, tandanya fathah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya sebagai sifat.
2.Kata مُحَمَّدًا adalah isim inna karena didahului inna dan nashab/manshub dengan tanda fathah. Bentuk asal dari isim inna diatas sebelum didahului inna adalah mubtada’ marfu’ dengan tanda dhammah (مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللّٰهِ ). Isim inna membuat mubtada’ menjadi manshub. Adapun إِنَّ di…
Saya KHAIRANI OKTAVIA
Prodi MPI 1 A
1.ان لهم جنت
-.baris akhir kata sebelum ada (Anna) di baca lahum jannatun
لهم جنت
-.perubahan kata
-.amil : (Anna ) kata penguatan yang digunakan di tengah kalimat (Anna ) baris fathah asli kalimat (jannatin ) adalah jannatun setelah bertemu Amil menjadi jannatin akhirnya kasroh جنت( كثره تين) :
2-baris akhir kata :ان المجرمين yaitu kasroh
المجرمين fathah
-perubahan kata
- Amil: sebenarnya terjadi perubahan pada kalimat (mujrimuuna) setelah bertemu Amil (Inna) akan tetapi perubahan tersebut tidak jelas atau hanya di kira2 Kirakan saja dan perubahan ini lah di sebut taqdiri
3-.contoh: الى افصل
-.baris akhir kata sebelum ada (Illa) : (faslun).
-Perubahan kata
-.amil: (illa) kata (faslun) sebelum ditambah Amil berupa illa dan awalnya memiliki baris akhir kata (dhomatain) dan kemudian berubah menjadi berbaris akhir kasroh .
1.*kata= الْاِنْسَانَ ( insaana)
*amil/sebab= اِنَّ(Inna)
*bentuk perubahan= اِنَّ الْاِنْسَانَ
*kata الْاِنْسَانَ(insaana)mengalami perubahan karena di pengaruhi amil اِنَّ (inna).
*bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu lafdziy.
2.*kata=بَيْتٌ(baitun)
*amil/sebab=إلَى(illa)
*bentuk perubahan=إلَى بَيْتٌ
*kata بَيْتٌ(baitun) mengalami perubahan karena di pengaruhi amil إلَى(illa).
*bentuk perubahan yang terjadi pada kata tersebut yaitu lafdziy.
Saya Siti nurfaizah dari kelas mpi 1A
1. اِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ
-Baris akhir kata tersebut adalah fatha.
-Perubahan terjadi adalah lafadzy.
-Amil yang mempengaruhi perubahan kata tersebut adalah huruf (ma) sehingga menjadi (Inna ma).
2. اَنَّهُ الۡحَـقُّ مِنۡ رَّبِّهِمۡ
-Baris akhir kata tersebut adalah dhommah.
-Perubahan terjadi adalah taqdiry.
-Amil yang mempengaruhi perubahan kata tersebut adalah huruf (hu) sehingga menjadi (Inna hu).
3. اِلَى السَّمَاۤءِ فَسَوّٰىهُنَّ
-Baris akhir kata tersebut adalah khasrah.
-Perubahan yang terjadi adalah taqdiry.
-Amil yang mempengaruhi perubahan kata tersebut adalah huruf (syaa) sehingga menjadi (Illa syaa maaa i).
Sekian terima kasih
Nama :Reva Natranila
ان لهم جن
-.baris akhir kata sebelum ada (Anna) di baca lahum jannatun
لهم جنت
-.perubahan kata
-.amil : (Anna ) kata penguatan yang digunakan di tengah kalimat (Anna ) baris fathah asli kalimat (jannatin ) adalah jannatun setelah bertemu Amil menjadi jannatin akhirnya kasroh جنت
.الى أموالكم: Illa amwalakum itu adalah amwalakum dikarenakan terdapat amli disebelumnya yakni(الى ) maka berubahlah menjadi amwalakum karena Ila juga termasuk salah satu dari huruf jar perubahan pada kalimat ini merupakan perubahan secara lafdziy.الى ini merupakan salah satu huruf jar yang bisa masuk pada i. Isim Ina mubtada yang telah berubah menjadi nashab disebut isim Inna sedangkan khabarnya disebut Khobar Inna.
انَّ النَّفْسَ
Dimana asal kata nya النَّفْسُ menjadi kata النَّفْسَ, di karenakan Amil/sebabnya dari kata اَنَّ, sehingga menjadi kata اَنَّ النَّفْسَ, kata tersebut merupakan contoh dari perubahan lafdzy/tersurat.
Saya VIKI SAPUTRA dari kelas mpi 1A
1. اِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ
-Baris akhir kata tersebut adalah fatha.
-Perubahan terjadi adalah lafadzy.
Amil yang mempengaruhi perubahan kata tersebut adalah huruf (ma) sehingga menjadi (Inna ma)
2. اَنَّهُ الۡحَـقُّ مِنۡ رَّبِّهِمۡ
Baris akhir kata tersebut adalah dhommah.
Perubahan terjadi adalah taqdiry.
Amil yang mempengaruhi perubahan kata tersebut adalah lah huruf (hu) sehingga menjadi (Inna hu).
3. الى افصل
-baris akhir kata sebelum ada (Illa) : (faslun).
-Perubahan kata
amil: (illa) kata (faslun) sebelum ditambah
-Amil berupa illa dan awalnya memiliki baris akhir kata (dhomatain) dan kemudian berubah menjadi berbaris akhir kasroh .
Perkenalan nama saya Wahyu firdaus dari prodi MPI 1B. Disini saya akan mengomentari pada pembahasan masalah diatas
Pertama
(QS. Al-Anfal 8: Ayat 5)
كَمَاۤ اَخْرَجَكَ رَبُّكَ مِنْۢ بَيْتِكَ بِا لْحَـقِّ ۖ وَاِ نَّ فَرِيْقًا مِّنَ الْمُؤْمِنِين
لَـكٰرِهُوْنَ ۙ
Kata فَرِيْقًا sebelum ditambah Amil ( اِ نَّ) dasarnya memiliki garis akhir dhomma faariiqu dan kemudian berubah menjadi فَرِيْقًا (fathahtin) perubahan yang terjadi termasuk taqriri/ tersurat.
Kedua
(QS. Al-Hajj 22: Ayat 1)
يٰۤـاَيُّهَا النَّا سُ اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۚ اِنَّ زَلْزَلَةَ السَّا عَةِ شَيْءٌ عَظِيْمٌ
Kata زَلْزَلَةَ kata ini termasuk Amil اِنَّ sebelum bergaris akhiri fathah, kata ini sebelumnya bergaris kasrah/ bawah زُلْزِلَتِ kemudian berubah menjadi fathahtin perubahan yang terjadi termasuk taqriri/ tersurat.
Nama saya Raihana Aulia Sukhairani
Kelas MPI 1B
1. Inna
Kata : اَوَّلِيْنَ
Amil/sebab : اِنَّ
Bentuk perubahan : اِنَّ الْاَوَّلِيْنَ
Kata اَوَّلِيْنَ mengalami perubahan Karena dipengaruhi amil اِنَّ
2. Anna
مُحَمَّدًا=kata
ُ أَنَّ مُحَمَّدًا=kata perubahan
Amil: أَنَّ
perubahan kalimat ini merupakan perubahan kalimat secara lafdziy.
3. Ila
Kata: أموالكم
Kata perubahan:الى أموالكم
Amil:الى
perubahan secara lafdziy.
وَبَشِّرِ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُؕ ڪُلَّمَا رُزِقُوۡا مِنۡهَا مِنۡ ثَمَرَةٍ رِّزۡقًا ۙ قَالُوۡا هٰذَا الَّذِىۡ رُزِقۡنَا مِنۡ قَبۡلُ وَاُتُوۡا بِهٖ مُتَشَابِهًا ؕ وَلَهُمۡ فِيۡهَآ اَزۡوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ ۙ وَّهُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ
ayat ke-25 surat Al-Baqarah,
وَبَشِّرِ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُؕ ڪُلَّمَا رُزِقُوۡا مِنۡهَا مِنۡ ثَمَرَةٍ رِّزۡقًا ۙ قَالُوۡا هٰذَا الَّذِىۡ رُزِقۡنَا مِنۡ قَبۡلُ وَاُتُوۡا بِهٖ مُتَشَابِهًا ؕ وَلَهُمۡ فِيۡهَآ اَزۡوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ ۙ وَّهُمۡ فِيۡهَا …
وَبَشِّرِ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُؕ ڪُلَّمَا رُزِقُوۡا مِنۡهَا مِنۡ ثَمَرَةٍ رِّزۡقًا ۙ قَالُوۡا هٰذَا الَّذِىۡ رُزِقۡنَا مِنۡ قَبۡلُ وَاُتُوۡا بِهٖ مُتَشَابِهًا ؕ وَلَهُمۡ فِيۡهَآ اَزۡوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ ۙ وَّهُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ
ayat ke-25 surat Al-Baqarah,
وَبَشِّرِ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُؕ ڪُلَّمَا رُزِقُوۡا مِنۡهَا مِنۡ ثَمَرَةٍ رِّزۡقًا ۙ قَالُوۡا هٰذَا الَّذِىۡ رُزِقۡنَا مِنۡ قَبۡلُ وَاُتُوۡا بِهٖ مُتَشَابِهًا ؕ وَلَهُمۡ فِيۡهَآ اَزۡوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ ۙ وَّهُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ
kata anna (أَنَّ) = sesungguhnya atau bahwa. …
Nama saya Rima Agnestia
Kelas MPI 1.A
1.الى-» واذا خلا بعضهم الى بعض(QS.al Baqarah : 76)
الى بعضkata aslinya الى
الى i'rab lafzi (tersurat/ nampak)
الى yaitu Amil yang mempengaruhi
2.ان قرانا(Anna kuranan)
ان (Inna)Amil yang mempengaruhi ان(Anna)
قرانا(kuranan)I'rob lafzi (tersurat/ nampak)
3.ان-»ان النفس(Anna nafsa)
Asalnya ان (Anna) amilnya-النفس(nafsa) berubah menjadi النفس (nafsu)I'rob lafzi (perubahan nampak)
Nama saya Ridha Rahmayani
Kelas MPI 1.A
1.الى-» واذا خلا بعضهم الى بعض(QS.al n Baqarah : 76)
الى بعضkata aslinya الى
الى i'rab lafzi (tersurat/ nampak)
الى yaitu Amil yang mempengaruhi
2.ان قرانا(Anna kuranan)
ان (Inna)Amil yang mempengaruhi ان(Anna)
قرانا(kuranan)I'rob lafzi (tersurat/ nampak)
3.ان-»ان النفس(Anna nafsa)
Asalnya ان (Anna) amilnya-النفس(nafsa) berubah menjadi النفس (nafsu)I'rob lafzi (perubahan nampak).
Nama saya elfi sari
Dari kelas mpi 1a
قَولٌ مَعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى وَاللهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ
“Perkataan yang baik dan permohonan ampun lebih baik daripada sedekah yang dibarengi dengan celaan, Allah Maha Kaya lagi Maha Pemaaf”. (Al Baqarah: 263)
قَولٌ : Mubtada’ marfu’ dengan dhammah.
مَعْرُوفٌ : Na’at bagi mubtada’ marfu’ dengan dhammah.
مَغْفِرَةٌ : Di’athafkan kepada قَولٌ marfu’ dengan dhammah.
خَيرٌ : Khabar mubtada’ marfu’ dengan dhammah.
أَذًى : Fa’il marfu’ dengan dhammah yang tersirat atas alif karena ta’adzdzur.
Lafdzul jalalah: Mubtada’ marfu’ dengan dhammah.
غَنِيٌّ : Khabar mubtada’ marfu’ dengan dhammah.
حَلِيمٌ : Khabar ke dua marfu’ dengan dhammah.